Social Icons

Minggu, 21 Agustus 2011

corel draw



 desain grafis
  -- makalah penjelasan dari perkembangan  corel draw mulai dari awal sampai terbaru lengkap di sertai gambar
  --Menu-menu yang ada pada corel draw x 3 lengkap disertai gambar
  --Langkah- langkah cara menginstall corel draw 12
  --Kelebihan dan kekurangan antara corel draw 11 dan corel draw x 5



pendahuluan
assalamualikum wr.wb
pertama-tama puji syukur atas kehadiran nabi muhammad sw karena dengan rahmatnya saya bisa membuat makalah ini dengan sehat wal afiat dengan adanya makalah ini semoga kepada para pembaca dapat menambah wawasan dan semoga makalah ini dapat berguna untuk di terapkan di kehidupan sehari-hari .dan saya harapkan para pembaca makalah ini tidak hanya di baca saja tetapi dapat di terapkan dengan baik dan benar.bila ada kata-kata yang kurang enak atas nama pembuat makalah ini minta maaf yang sebesar- besarnya dan saya tunggu kritik dan saran anda melalui email :mbugis_elor@yahoo.com
Daftar isi......
1.penjelasan dari perkembangan  corel draw mulai dari awal sampai terbaru lengkap di sertai gambar.....
2.Menu-menu yang ada pada corel draw x 3 lengkap disertai gambar......
3.Langkah- langkah cara menginstall corel draw 12.....
4.Kelebihan dan kekurangan antara corel draw 11 dan corel draw x 5.......
5.kata penutup..........
6.referensi.........










SEJARAH PERKEMBANGAN COREL DRAW
         Coreldraw adalah software editor grafis berbasis vector, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation yang berbasis di Ottawa, Kanada. Yang kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. Versi terakhir, X4, diluncurkan pada pertengahan Februari 2008 di Indonesia.
        CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X pada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir untuk Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langdsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
pengembangannya
      Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.
     Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Program itu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya Corel hanya fokus pada pengambangan software.
    CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan diluncurkannya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter.
Fitur Andalan
      Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
      CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkan mengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint.
    Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme. Meskipun mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun pengalaman penggunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.
Dugaan Spyware
      CorelDraw X4 menginstall program tambahan bernama PSIServices.exe, tercatat dalam layanan Windows sebagai Protexis Licensing. Dibuat oleh Protexis, berjalan di balik latar belakang dan mengumpulkan informasi mengenai perizinian. Program ini terhubung dengan pihak luar dan kerap disebut sebagai spyware. Dalam penjelasannya (tentang instalasi) Corel tidak mengungkap instalasi tersembunyi ini dan tetap menjalankan pengoperasian program non-Corel ini. Apabila program ini dinon-aktifkan secara manual, Corel X4 juga akan ikut terhenti.
   Paket Grafis Corel
       Dari waktu ke waktu, komponen – komponen tambahan selalu dikembangkan atau digabungkan dengan CorelDraw. Komponen yang digabungkan berbeda antar tiap versi CorelDraw. Beberapa di antara mereka adalah PowerTrace (kemampuan mengubah gambar bitmap menjadi vector dalam waktu sekejap) dan Capture (kemampuan menangkap gambar yang ada di layar monitor). Corel Draw sebagai salah satu aplikasi desktop publishing terpopuler yang mefokuskan diri pada pengolahan vektor. Program grafis ini memang begitu besar pengaruhnya terhadap perkembangan desain komputer pada umumnya. Banyak pengguna yang menyatakan bahwa perkembangan CorelDraw telah begitu pesat mempengaruhi perkembangan seni grafis digital yang semakin mempesona. perkembangan software desain grafis telah mempengaruhi pula pandangan tentang seni digital yang baru ini. Pemanfaatan CorelDraw telah merambah kesemua bidang tidak hanya desain grafis semata, sehingga pemakaian CorelDraw semakin banyak diminati karena keluwesannya serta kemudahannya dalam hal pemakaian tool yang disediakan untuk memenuhi segala kebutuhan publikasi.
                   Beberapa fasilitas telah begitu berkembang seperti sebuah
evolusi menuju kesempurnaan dan kemudahan. Telah menjadi ciri
software dimana perkembangan perangkat serta tool yang menyertainya selalu diperbarui dan ditampilkan dengan wajah baru akan tetapi tidak meninggalkan esensi dasar dari perintah perintah dibalik tool tersebut.
Banyak sekali para pengguna CorelDraw yang fanatik pada release tertentu, dengan berbagai alasan yang menyertainya. banyak pula para profesional pengguna CorelDraw begitu terpaku pada fungsi tool tertentu yang mana telah memenuhi kebutuhannya sehingga perkembangan fungsi, otomasi, serta diversifikasi fungsi menjadi kurang penting bagi pekerjaannya. buka suatu hal yang salah bila hal tersebut terjadi, sebab perkembanprofesional tentunya harus diperhitungkan pula dengan nilai tambah dalam hal mempelajari segala sesuatu yang berbau pembaruan.Perkembangan hardware telah begitu pesatnya melebihi perkembangan software pada umumnya. sehingga segala fasilitas yang telah disediakan oleh hardware terkadang belum tersentuh oleh software. Perkembangan release baru tentunyamempunyai misi untuk mengikuti perkembangan hardware dan mencoba memanfaatkan secara optimalsegala fasilitas yang ada tersebut. Kemampuan baru akan mempunyai sederet syarat yang harus dipenuhi dengan baik apabila ingin pengguna dapat menggunakannya secara optimal. Hal ini dapat mejadi sebuah bumerang jika keinginan pengguna untuk melakukan perubahan dan inovasi sangat rendah.
Bitmap dan Vektor
      CorelDraw adalah program grafis dengan basis vektor atau garis. CorelDraw versi 11 dapat pula mengolah gambar dengan basis bitmap dengan hasil yang tidak kalah dengan pengolah bitmap yang

    sesungguhnya. Bitmap tersusun dari titik - titik kecil dengan sebutan pixel. dimana unsur terkecil ini akan membentuk suatu kesan yang ditangkap oleh mata sebagai sebuah gambar. Apabila gambar tersebut dibesarkan hingga melawati batas maksimalnya maka gambar tersebut akan terlihat unsur dasarnya yaitu kotak - kotak warna.
CorelDraw menggunakan dasar vektor dalam mengolah image, dimana unsur dasarnya adalah garis. Keuntungan dari vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran yang relatif kecil, kemudian jika gambar dibesarkan maka tidak gambar akan tetap terlihat solid atau utuh.. Sebagai pengolah image berbasis vektor CorelDraw sangat powerfull dalam pengolahan image ilustrasi.Akan tetapi dengan perkembangan CorelDraw yang semakin pesat, pengolahan obyek bitmap dapat juga dengan mudah dimanipulasi dalam aplikasi CorelDraw, bahkan filter - filter efek khusus pengolah bitmap telah disertakan dalam fungsi tersendiri.
Banyak sekali keuntungannya jika kedua jenis gambar ini dapat diolah dalam satu aplikasi, sebab manipulasi obyek dengan lain aplikasi akan memperpanjang langkah dalam mewujudkan kmposisi image yang diinginkan. Anda harus mempunyai kemampuan untuk menganalisa, apakah perlu bantuan aplikasi lain atau cukup dengan menempa anda untuk secara cepat memutuskan apakah butuh aplikasi lain atau cukup dengan CorelDraw saja.
Spesifikasi hardware yang disarankan
Syarat utama yang umum untuk aplikasi grafis adalah kesediaan RAM atau memory yang mencukupi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Untuk program CorelDraw 11, spesifikasi standar yang haus dipenuhi
adalah sebagai berikut :
1. Processor minimal Pentium II 233 MMX
2. RAM minimal 128 MB
3. Monitor Minimal SVGA
4. VGA minimal 16 MB
5. Ruang kosong Hardisk minimal 2 GB
     Pada 1987,  Corel  menyewa lunak insinyur perangkat Kaldu Michel dan Tepukan Kecil Beirne untuk mengembangkan satu vektor mendasari ilustrasi memprogram buntel dengan sistem penerbit desktop mereka. Itu program, CorelDRAW, pada awalnya tercair pada 1989. CorelDRAW 1.x dan 2.x berlari di bawah Windows 2.x dan 3.0. CorelDRAW 3.0 mendatangi ke dalamnya sendiri dengan pelepasannya Microsoft dari Windows 3.1. Pemasukan dari TrueType  di Windows 3.1 ditransformasikan CorelDRAW ke dalam satu program ilustrasi serius mampu dari sistem penggunaan menginstal huruf garis besar tanpa memerlukan perangkat lunak pihak ketiga seperti Adobe Mengetik Manajer ; dipasangkan dengan satu program pemeriksaan naskah foto (PhotoPaint), satu manajer huruf dan beberapa potongan lain dari perangkat lunak, ini adalah juga bagian dari yang pertama semua di pakaian grafis sesuatu.
     Yang pertama buku mempersembahkan ke CorelDRAW sedang Menguasai CorelDRAW oleh Chris Dickman, diterbitkan oleh Peachpit Tekan pada 1990, dengan satu kontribusi oleh Tumpukan Rumput Kering Altman. Dickman juga ditemukan dan terpublikasi Kuasa bebas tak terikat Jurnal penerbitan CorelDRAW, dan menciptakan dan operasikan yang pertama lokasi membaktikan ke CorelDRAW, CorelNET. com, dari 1995 ke 1997.
Dicirikan versi
·         Ver. 2 (1991): Alat amplop (untuk menyimpangkan teks atau objek mempergunakan satu bentuk primer), Campuran (untuk bentuk pembentukan), Penonjolan (untuk menirukan perspektif dan volume di objek) dan Perspektif (untuk menyimpangkan objek sepanjang x dan Y Axes).
·         Ver. 3 (1992): Meliputi Corel MEMOTRET PAINT* (untuk pemeriksaan naskah bitmap), CorelSHOW (untuk menciptakan pada presentasi layar), CorelCHART (untuk bagan grafis), Mosaik dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmaps). Pemasukan dari perangkat lunak ini adalah precedent untuk pakaian grafis yang nyata.  [1] 
·         Ver. 4 (1993): Meliputi Corel MEMOTRET PAINT* (untuk pemeriksaan naskah bitmap), CorelSHOW (untuk menciptakan pada presentasi layar), CorelCHART (untuk bagan grafis), CorelMOVE untuk penggiatan, Mosaik dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmaps). Halaman kemampuan Multi, Powerlines, dukung untuk tablet grafis, Alat gandakan, pemeriksaan naskah bengkak urat elastis, Alat amplop.
·         Ver. 5 (1994): Ini adalah versi terakhir yang dibuat untuk, dan mengerjakan Windows 3.x. Corel Ventura termasuk dalam pakaian (kemudian terniaga sebagai satu program terpisah). Ini adalah satu aplikasi penerbit desktop ada hubungan darah ke PageMaker, Ekspresi elektron, atau InDesign.
·         Ver. 6 (1995): Ini adalah yang pertama versi yang dibuat khususnya untuk 32 - Windows bit. Fitur lagi adalah customizable hubungkan, Poligon, Pilinan, Alat pisau dan Penghapus. Memo Corel, Corel Tayang, Corel Mengisyaratkan 3D, Kedalaman Corel, Manajer Corel Multimedia, Huruf Penguasa Corel dan Corel BERMIMPI (untuk 3D modeling) termasuk dalam pakaian.
·         Ver. 7 (1997): Hak Milik sensitip hubungan kalimat halangi, Cetak Penglihatan Awal dengan hak suara Tanjakan dan Panci, Buku tempel (untuk melihat satu seret dan objek grafis yang tetes), Terbit ke hak suara HTML, Draft dan hak suara peraga Ditambahkan, Isi interaktif dan alat Campuran, Alat transparansi, Alat Pena alami, Penemuan & menggantikan pemandu, Konversi Vektor untuk hak suara Bitmap (di dalam Gambar), Eja alat pemeriksa, Alat pemeriksa kamus dan Nahu. Pakaian yang meliputi Corel Meneliti dan Corel Barista (satu Java mendasari dokumen menukar format).
·         Ver. 8 (1998):  Pemilihan penggali, Windows buruh pelabuhan, Distorsi interaktif, 3D, Amplop dan alat, Alat Dropshadow realistis, warna interaktif mencampur, mewarnai editor pelet, petunjuk seperti objek, halaman ukuran yang kebiasaan, duotone dukung. Versi Corel termasuk dalam pakaian.
·         Ver. 9 (1999): Menghubungkan alat isi (untuk isi warna kompleks), Alat Media artistik, Terbit ke PDF cirikan, terlekat ICC mewarnai profil, Beberapa Pada Pelet Warna layar dan Visual Basic Microsoft untuk Aplikasi 6 dukungan. Pakaian yang meliputi Awan Kumulus Nyanyian LE, masing-masing perangkat lunak untuk manajemen media.
·         Ver. 10 (2000): CorelR.A.V.E. (untuk penggiatan vektor), Bentuk sempurna, Alat grafik web (untuk menciptakan unsur interaktif seperti kancingkan), Tukang sortir halaman, dokumen berbagai bahasa dukung, jendela ahli olah gerak pelayaran. Buka, penyelamatan, impor dan ekspor di Error! Hyperlink reference not valid. format.  [2] 
·         Ver. 11 (2002): Perpustakaan lambang, gambar irisan (untuk desain web), paksa vektor sensitip sikat, 3 - alat gambar titik.
·         Ver. 12 (2003):  Pemandu dinamis, Pintar Gambar alat, Ekspor untuk NONA Kantor atau hak suara Kata, Segmen maya Menghapus alat, Teks dukungan unicode.
·         Ver. X3 (2006): Mengklik dobel alat Hulu Cemeti (yang pertama vektor perangkat lunak mampu ke group hulu cemeti dari vektor dan bitmap menggambar pada waktu yang sama), Pintar isi alat, Lencong / Dendeng / Scallop / Menghiasi Dengan Rancangan Yang Ti alat, Menggambar Laboratorium Penyesuaian. Lacak jadi di dalam Gambar terintegrasi pada PowerTRACE nama.
·         Ver. X4 (2008):  Huruf identifikasi Whatthefont jasa menghubungkan di dalam CorelDraw, ConceptShare, Alat tabel, lapisan halaman bebas tak terikat, format teks hidup, dukung untuk file kamera MENTAH.  [3] 
·         Ver. X5 (2010): Dibangun di organisator konten (CorelCONNECT), manajemen warna lagi, grafik web dan alat penggiatan, inti kinerja multi peningkatan, konten digital (huruf profesional, seni klip, dan potret), tolak mengisyaratkan, pandangan titik, menambahkan Rajut alat dengan hak suara transparansi, menambahkan sentuh dukung, dan file lagi didukung format.  [4]   Ini mempunyai Alihragam dikembangkan, buat yang beberapa objek lajang salinan.
Bacaan / menulis dukungan
CorelDRAW
versi
Mendukung file bacaan
dari versi
Mendukung file penulisan
untuk versi
Didisain untuk versi Windows
1
1
1
Error! Hyperlink reference not valid. (1. 2 juga untuk Win30)
2
1, 2
1, 2
Error! Hyperlink reference not valid.
3
1, 2, 3
2, 3
3.0,  Error! Hyperlink reference not valid. (disukai)
4
1, 2, 3, 4
3, 4
3.1
5
1, 2, 3, 4, 5
3, 4, 5
3.1
6
3, 4, 5, 6
5, 6
Error! Hyperlink reference not valid.
7
3, 4, 5, 6, 7
5, 6, 7
95,  Error! Hyperlink reference not valid.
8
3, 4, 5, 6, 7, 8
6, 7, 8
95, NT 4
9
3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
5, 6, 7, 8, 9
95,  Error! Hyperlink reference not valid., NT 4
10
10
10
98,  Error! Hyperlink reference not valid., NT 4,  Error! Hyperlink reference not valid.
11
11
11
98, Aku, NT 4, 2000,  Error! Hyperlink reference not valid.
12
12
12
2000, XP
X3 (13)
X3
7, 8, 9, 10, 11, 12, X3
2000,  Error! Hyperlink reference not valid., XP( 32 - bit ,  64 - bit ),  Error! Hyperlink reference not valid. (32 - bit hanyalah)
X4 (14)
7 ke X4
7 ke X4
XP, Pandangan, 7 (32 - bit, 64 - bit)
X5 (15)
7 ke X5
7 ke X5
XP, Pandangan, 7 (32 - bit, 64 - bit)
† CorelDraw 10 ke X4 dapat membuka file dari versi 3 dan kemudian, tapi fitur tertentu tidak boleh didukung.
‡ Daftar dari format file yang CorelDraw 10 ke X4 dapat menulis tidak boleh menjadi lengkap di tabel ini.
     Corel Draw adalah program untuk menggambar yang berbasis
     vektor, dimana user dapat dengan mudah membuat suatu desain secara
        profesional mulai dari pembuatan logo sederhana sampai pada desain ilustrasi yang rumit. Corel Draw juga mengembangkan kemampuan penanganan teks dan fasilitas penulisan teks yang memungkinkan untuk membuat proyek - proyek yang berkenaan dengan banyak naskah atau teks seperti brosur atau layout sebuah halaman.
Keunggulan program Corel Draw adalah pada user interface-nya yang mudah disesuaikan untuk mengelola toolbar secara utuh, hot key, menu, roll up dan status bar yang dapat dikonfigurasi sendiri. Bekerja dengan Corel Draw lebih menyenagkan dan mudah dalam pemakaiannya. fasilitas yag lain adalah Wizard Tutor Notes, menu-menu, serta dukungan dalam penggunaan tombol kanan mouse.









Menu-menu corel draw x3
tampilan jendela Corel Draw X3.
Add caption

- Title bar (1) berisi informasi judul aplikasi dan file yang sedang dibuka.
- Menu bar (2) berisi menu-menu yang ada di aplikasi Corel Draw.
- Toolbar terdiri dari beberapa icon meliputi:
• Standar (3) perintah-perintah pada menu utama
• Property bar (4) berisi tombol-tombol perintah tambahan.
• Tool box (5) berisi alat untuk mendesain gambar.
- Ruler (6) sebagai garis pengukur objek.
- Color Pallete (7) berisi perintah untuk memilih warna objek.
- Lembar kerja (8) halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.
- Pages (9) sebagai petunjuk halaman yang aktif

http://smamuhwsb.orgfree.com/CD_Muka_00-C.jpg.
    Menu bar adalah barisan menu yang menampilkan perintah-perintah yang digunakan untuk mengatur dan mengolah obyek. Menu di dalam CorelDRAW X3 terdiri dari beberapa pilihan, antara lain menu File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Text. Masing–masing menu mempunyai submenu dan perintah.

*Menu File Menu File berisi perintah–perintah yang berhubungan dengan file (berkas).
*Menu Edit Menu Edit berisi perintah–perintah penyuntingan.
*Menu View Menu View berisi perintah–perintah pengaturan layar tampilan.
*Menu Layout Menu Layout berisi perintah–perintah pengaturan lembar kerja.
*Menu Arrange Menu Arrange berisi perintah–perintah pengaturan object.
*Menu Effects Menu Effects berisi perintah–perintah memberi efek pada object.
*Menu Text Menu Text memberi perintah–perintah penyuntingan tulisan
  • Tittle bar: berada pada barispaling atas, memanjang ke kanan; berisi keterangan tentang fileyang sedang aktif atau sedang kita buka.
  • Menu bar : berada di bawahtittle bar yang berisi pilihan-pilihan menu yang akan menjajar kebawah (drop-down) bila diklik. Terdiri atas menu File, Edit, View, Layout, Arrange, Effect, Bitmap, Text, Tools, Windows, dan Help. 
  • Toolbar : berada pada baris ke tiga; berisi jalan pintas (shortcuts) yang menuju ke menu dan perintah-perintah lainnya. Secara default di sini akan terdapat shortcut New, Open, Copy, Paste, Undo, Redo, Import, Export, Application Launcher, Corel online dan Zoom Level.
  • Property bar : berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan objek atau perangkat yang sedang aktif. Misalnya, jika perangkat Text sedang aktif maka text property bar akan menanpilkan perintah-perintah yang dapat kita gunakan untuk menuliskan atau mengedit text.
  • Toolbox : berada pada sisi sebelah kiri, memanjang ke bawah; berisi perangkat-perangkat (tools) yang akan kita gunakan dalam membuat gambar, memberi warna, ataupun melakukan modifikasi-modifikasi terhadap objek dan gambar.

       Semua gambar  dapat kita pindah-pindahkan letaknya ke tempat yang kita inginkan (detachable) atau bahkan bisa kita tidak tampilkan misalnya kita ingin area gambar menjadi lebih “luas”).
  • Ruler : merupakan batas-batas vertikal dan horizontal; berisi angka-angka untuk menunjukkan ukuran dan posisi objek.
  • Halaman (Drawing Page) :Wilayah kosong (bila belum ada gambar) berbentuk segi empat,di tengah-tengah area putih, di mana gambar/objek yang kita tempatkan di dalamnya dapat kita print.
  • Jendela gambar (Drawing window) : Merupakan area di luar drawing page, dibatasi oleh scroll bars dan kontrol applikasi (application controls).
  • Document navigator : berada pada bagian bawah sebelah kiri; berisi kontrol-kontrol untuk melakukan perpindahan antar halaman, dan juga untuk menambah atau mengurangi jumlah halaman.
  • Status bar : Berada pada bagian dasar jendela applikasi; berisikan informasi-informasi mengenai objek seperti jenis, ukuran, warna, dan resolusi.
  • Navigator : Sesuai dengan namanya, navigator yang berada pada sudut kanan bawah berfungsi sebagai alat untuk membantu kita bergerak di sekitar Drawing window atau drawing page.
  • Color pallete : berupa bar di bagian sisi paling kanan yang berisi kotak-kotak warna (secara default berisi warna-warna CMYK) yang akan kita gunakan untuk memberi warna pada objek yang kita pilih.
  • Docker : docker merupakan suatu jendela tersendiri yang berisi perintah-perintah dan setting yang berhubungan dengan perangkat atau fungsi-fungsi tugas tertentu.


Command dan tool-tool Coreldraw X3
 dalam jendela applikasi Coreldraw X3 yang terdapat pada masing-masing bagian seperti di jelaskan di atas:
  • Property bar : berisi fungsi-fungsi yang paling umum digunakan yang menampilkan perangkat atau kerja yang sedang kita lakukan. Isi yang ditampilkan akan berubah-ubah tergantung dari perangkat apa yang sedang kita gunakan atau pekerjaan apa yang sedang kita lakukan.
  • Toolbox :berisi perangkat-perangkat (tools) yang akan kita gunakan dalam membuat gambar, memberi warna, ataupun melakukan modifikasi-modifikasi terhadap objek dan gambar.
  • Perangkat-perangkat tersebut adalah (Gambar C2) : Pick Tool, Shape, crop, zoom, curve, smart, rectangle, ellipse, object, perfect shape, text, interactive, efedropper, outline, fill, interactive fill.
Tool-tool tersebut ada yang secara default terlihat pada toolbox, ada juga yang dikelompokkan dalam flyout (kumpulan tool yang akan tampil dalam barisan bila kita mengklik dan tahan mouse pada salah satu tool yang tampak pada toolbox).

& KEGUNAAN TOOLBAR

Pick Tool adalah Tool Netral, yang berfungsi untuk Mendrag ato Move objek yang kita pilih.

Shape Tool adalah Tool Node, yang berfungsi untuk mengatur semua titik node pada objek ato vektor.

Crop Tool adalah Tool yang berfungsi memotong objek yang berbentuk path dengan bermacam tool di dalamnya

Zoom Tool adalah Icon yang berfungsi untuk Melihat lebih detail apa yang ingin kita Fokuskan pada Tampilan Design.

FreeHand Tool adalah nah... Tool yang berfungsi untuk membuat graphic garis dengan bermacam macam Curve Flyout [garis style] boleh dicoba obrak abrik ne Curve.

Smart Fill Tool adalah Tool yang berguna untuk pengisian warna pada ruang Curve yang kosong, dan berfungsi juga mengambil bagian Curve dari Warna tersebut... Test be lah

Rectangle Tool adalah hhhmmm.... ini salah satu tool yang dapat membuat graphic kotak dengan cara otomatis, dengan klik icon tsb lalu klik halaman gambar. dengan cara mendrag mouse, lalu tarik dengan ukuran yang kalian pengen.

Ellipse Tool adalah gak jauh beda dengan Rectangle Tool, hanya saja berbentuk bulat n oval graphic.


Poligon Tool adalah yang sejenis dengan Tool Rectangle n Ellipse, tapi yang ini untuk membuat graphic Segi, terserah mo segi berapa kalian buat, n ada juga pembagian tool dalam poligon tool ada bermacam bentuk seperti Star, Complex Star, Graph Paper, Spiral.

Basic Shape adalah Tool kumpulan banyak bentuk Shape dengan bawakan standar Coreldraw tsb.

Text Tool nah... ini adalah salah satu yang banyak digunakan pastinya :D, untuk memulai pengetikan tool inilah yang akan memulai semua huruf yang akan kalian ketik.

Ouline Tool adalah tool yang berfungsi untuk mengubah ukuran, warna dari [line] garis yang kita buat.

Fill Tool adalah tool yang berfungsi untuk mengubah warna pada Graphic/gambar yang kalian buat, dengan bermacam macam jenis warna, yaitu gradien, pattern, Texture, PostScripe.


Interactive Fill Tool adalah tool paduan warna pada graphic dengan dualcolor secara manual, nah... disinilah dasar dari pewarnaan


1. Masukkan CD CorelDraw 12 ke dalam CD ROM
2. Klik kanan start – Explore
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjc1JKzuE0Jn7ojj_m51iEmQMAraQwTP_zTMRcIV0rprIGDA1vjOHTsMk6xODL4tvqjeOuCJFencdpwfF1ICoMS09uqoXYJOYpVVSUTDJ0x46pFVTHtr5FcJGra1OMafspFU4KIXoE4lqrD/s320/1.png


3. Klik COREL 12
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEid4so2S3bgr_dXEQZg7uizzVPLONuey-rAT7id2gVO-bWPRDA64r9yslZgMl0_wPFK2CeU2PnxkAOtUQrQwWP83FOHf0bzpEGr63P16zabw6qTNFK0X-hr6UJ4Q1fOZvF1Uu11mjAVubWK/s320/2.png
4. Double klik folder COREL 12
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjraWbWuPW-XshYrDqK7tp45XxJuPFh7Pdd5vv6l8AWoU3cEJO3AM8zGaUpZgrMW9tkByY7vPS0S84fkxQT5XevxElkfyzrCPnbtJD46QOyBPs70jKjoJ4RQOBbQ0QyXfzxTrdneJCdYg18/s320/3.png
5. Double klik icon coreldraw graphics suite 12
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEillUmANrAhDPt_8Qiw0Qx6aXWj1cXQ-K_q3ZOBoqVEDqZZG0Wiql8j5qQmb1vUDXVAU5x8cKtQScRIpW_re5rfstz2YYqT0PLZ7KNO0oFlYnIkmch9bOJL6hnwtL9epFt_pHJXeICe-sBM/s320/4.png
6. Klik I accept the terms in the license agreement Lalu pilih dan klik NexT
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0KQ8nH1VEZ3XckxyK22a0C5MIhZM6U3jWOgsFlWb-b7JjkxpN4RguFgP9VpPn4ORZPBWNCf0V3AuY_39O83DXJLvDQqfJyu04MY_FbxuNBiwPYDkEhiFREy7_n9qk60ms3F7d6ueSFIKj/s320/5.png
7. Isikan User Name, Organization,& Serial NumbernYAlalu klik Next
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqIXKywAjNJDw9G_SowJk6V7LD9JKvmrlXD_rnw0-v8Auif_waqVHpXqLZcI4gSmlz3gQ8lJXtyMORRK86GTuUdxKRWehYS72scu7PD4ZRUTufrcTy8Fr6wdqvqE43C_2Gv2y76VAZLlkm/s320/6.png
8.Disini anda diminta untuk Select the program features you want installed. Lalu klik Next
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqVSfNV4f0i0F4uEl815qRuFyEP7X5QVuO08-cnPaur6TBVFQLnoIIcUtM45dnjyg1Z4QkilnOefLOdSkIrykQhkPAcVoIsMYitqIhWaLJ9Gr7zBuMAswh3Ie-m_y_PYMlsteXpg7YrvDO/s320/7.png
9. Lalu klik Install
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigRHHc3nrqZ0hw_ssH2ptvKsiIUS8zWr5EpZkXjWQaO71BxwvGw5T_523wYlBWhGp66kVCKtwFSlQs3Dx0Gfbs5pS1bblOx0_ix0jCeqSIenoSXnYa_UQMzRyz4bGOMT5YndVDLquifDlV/s320/8.png
10. Tunggu proses instalasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQ1rsWxuO99Qw45YlljXfon41OKIp6zYDC-zu93n2Nh8Mv3yfKo8LViyB8ShZm3SHdkd7IT4sCbY1_ulz6npiT6brbLpaAKF364GWolHSReLZ4gUvoIt7SmtIFLBg1v0p0ebNnxQmaUdnz/s320/9.png
11. Jika proses instalasi sudah selesai klik finish
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEik4hUpvikMSo-QYl6piUZ6i5chWIvuGjRJE2e_ZdVNEkNuigBndDVaL504tgMd6qUsrfnuJLLR2rhZWV68KyAx9GZGXJMs1jrLIHhOCWq7Kl-IKyCRcBvyk_Nu3gn6uNvZQFDSm_Zd7aG3/s320/10.png











kelebihan dan kekurangan antara corel draw 11 dan corel draw x5

kelebihan corel Draw X5 ??

* More speed dengan multi-core baru dukungan
* Lebih banyak konten yang kaya dan profesional template
* Lebih banyak sarana belajar, video tutorial dan tips pakar
* Lebih kompatibilitas, dengan dukungan untuk lebih dari 100 format file
* More color kontrol dan konsistensi
* Lebih Web kemampuan, termasuk dukungan animasi Flash
* Lebih banyak pilihan output for print, Web, digital dan banyak lagi tanda-tanda

 kekurangan corel draw 11??
Coreldraw 11 seringkali eror ketika digunakan untuk mengconvert huruf arabic yang
saya dapati huruf menjadi terpisah-pisah, untuk coreldraw 12 malah membuat huruf
hilang dalam barisan naskah baik arabic atapun kapital satu paragraf atau lebih
kadang dihalaman yang lain tulisan bagian atas terpisah dan menjorok kedalam
seperti di tab, untuk coreldraw 13 dan X4 atau dikenal dengan coreldraw 14 masalah
ini belum saya dapati, Cuma untuk coreldraw 13 kadang eror juga tapi tidak separah
corel 11.
 
Kelebihan corel draw 11 ??
Pembaharuan release CorelDraw 11mempunyai kecepatan yang sangat tinggi, tapi dengan esensi guna tetap terjaga. Sehingga pengguna CorelDraw release sebelumnya tidak akan telalu kesulitan dengan kemunculan release versi bar seperti CorelDraw 11 atau bahkan diatasnya dengan syarat pengguna harus benar-benar memahami esensi dasar tool-tool pada CorelDraw secara mendalam.
Apabila anda berangkat dari pengguna CorelDraw versi baru, maka segala permasalahan ini tidak akan dijumpai secara nyata. Banyak sekali perubahan baik posisi tata letak hingga fungsi dasar yang berubah mengikuti perkembangan software pada umunnya.





Gambar gambar perkembangan corel draw
  
Kata penutup
Allhamdulilah atas selesai nya makalah ini dan semoga bermanfaat bagi pembaca makalah ini dan semoga kita semua di beri kesehatan agar kita dapat menuntut ilmu dengan baik dengan cara semangat dan bila ada kata-kata saya yang kurang enak untuk dibaca saya minta maaf yang sebesar-besarnya akhir kata dari saya. waalaikum salam wr.wb

Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

DAPATKAN KEINGINAN ANDA SEMUA DI ALAMAT MBUGISELOR.BLOGSPOT.COM...HANYA DISINI....

PLAY MUSIK HIS

 
product by support bugis team jaringan @Copyright 2015 saptorenggo Blogger Templates